life

Saham

Apa itu saham?

Saham adalah bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan.

Kenapa butuh saham?

Misalnya usaha Toni berencana untuk ekspansi dan butuh 100 juta rupiah. Apa saja pilihan yang dimiliki Toni untuk mendapatkan modal (capital)?

Ada tiga:

  1. uang sendiri, yang sifatnya terbatas
  2. pinjaman, yang memiliki bunga
  3. menjual kepemilikan perusahaan atau saham / stocks kepada investors

Kepemilikan atas perusahaan atau stocks pertama kali dirilis oleh VoC — sebuah perusahaan yang ekspansi bisnis dilakukan di Indonesia selama ratusan tahun.

Lalu apa keuntungan yang dijanjikan kepada investor?

  1. Capital Gain atau disebut juga cuan
  2. deviden

Capital Gain

Katakanlah saya memutuskan untuk berinvestasi di usaha Toni sejumlah 100 juta untuk 30% kepemilikan usaha tersebut.

Di akhir tahun ke-2, usaha Toni semakin membaik dan hal ini dilihat oleh Ricardo. Ricardo pun tertarik untuk berinvestasi di usaha Toni, namun Toni tidak membutuhkan dana tambahan lagi.

Ricardo kemudian mendekati saya dan menyatakan niatnya ingin berinvestasi di usaha Toni. Karena saya memiliki 30% usaha Toni, saya memutuskan untuk menjual sepertiga kepemilikan saya, senilai 100jt, ke Ricardo.

Ricardo bahagia, demikian juga saya.

Saya membeli 30% kepemilikan usaha Toni senilai 100 juta, artinya nilai usaha (valuasi) Toni adalah kurang-lebih 333jt. Di akhir tahun ke-2, nilai usaha Toni meningkat seiring ekspansi usaha. Ketika saya menawarkan sepertiga dari kepemilikan saya senilai 100jt, artinya saya menghargai usaha Toni senilai 1 milyar.

Dari modal awal saya 100jt untuk mendapatkan 30% kepemilikan; sepertiganya adalah 33jt. Jika saya jual sepertiga kepemilikan tersebut seharga 100jt, maka Capital Gain yang saya dapatkan adalah 100jt – 33jt = 77jt. Delta harga jual dengan harga beli ini lah yang disebut Capital Gain.

Capital Gain = Harga Jual – Harga Beli

Deviden

Dividen adalah keuntungan bersih perusahaan yang dibagikan ke investor. Perusahaan sama sekali tidak memiliki keharusan untuk membagikan deviden.

Nanti dilanjut lagi. Dah keburu males. :upsidedown:

Standard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.