lesson learned, life, work

Rebel

Dalam banyak kesempatan menghadapi konflik, saya punya kecenderungan untuk diam dan mundur. Saya malas debat kusir tiada akhir. Tidak akan ada solusi disitu. Toh, konflik muncul karena pada dasarnya tiap orang punya agenda masing-masing.

Saya tentu saja bisa salah. Dan, kalau salah, saya pastikan bisa menerima koreksi. Hanya saja, tolong berikan koreksi yang masuk akal. Bukan sejumlah argumen yang dibuat atas dasar subyektifitas dan susah dibuktikan.

Kita berada dalam lingkungan orang-orang teknis yang berpikiran logis. Konflik sebaiknya diselesaikan dengan logik bukan politik.

Reaksi ada karena aksi.

Saya akui bahwa saya adalah pemberontak. Dan saya yakin naluri pemberontak ada pada tiap orang. Yang membedakan hanyalah cara mengekspresikannya dan sejauh mana kita berani memperjuangkan hal yang kita yakini — dengan segala konsekuensinya.

Pemberontakan punya alasan. Punya dasar. Dan perlu digarisbawahi, pemberontakan versi saya bukan semata-mata agar segala hal diwujudkan dengan cara saya. BIG NO. Kalau saya cuma mau memuaskan keinginan sendiri, apa bedanya dengan masturbasi?

Saya idealis tapi realistis.

Terlepas dari itu, tak terasa sudah tujuh bulan saya bergabung di tim pengembang. Dan selama itu, suka atau tidak, kita saling mengobservasi satu sama lain. Saling mendegarkan pujian dan keluhan. Saling merekam aksi dan reaksi. Dan mencatat semuanya menjadi poin-poin penilaian, demi objektifitas.

Dan, pada akhirnya, tanggal 20 nanti adalah hari terakhir saya disini. Pemberontakan saya gagal total. Karena tampaknya hanya saya yang gaya pemberontakannya ekspresif.

Sebagai penutup. Pemberontakan saya jadi terkesan culun di atas kertas. Tulisan ini bukan dibuat untuk diskredit siapapun. Semua hal yang layak saya kenang, layak dibuatkan blog post.

Cheers without beers,
Leonardo (Oct 12 2011)

Standard

5 thoughts on “Rebel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.