random

Indera

segala aspek yang melibatkan penggunaan indera bisa kita gunakan untuk memunculkan kembali episode-episode di masa lalu.

gw ingat betul pernah kenal dengan seorang perempuan melalui IRC, dan ternyata dia tinggal di dekat kos semasa kuliah di Baranangsiang, Bogor. suatu kali dia pernah main ke kos dan membawa USB berisikan album Saosin.

satu dekade kemudian gw masih dengar lagu di album tersebut dan tiap kali lagu-lagu tersebut terdengar gw ga bisa menghindari episode ketika gw diekspose ke band bernama Saosin oleh perempuan yang gw kenal melalui IRC dan ternyata tinggal di dekat kos.

selain pendengaran, penglihatan jg bisa memicu episode tersebut muncul ke permukaan. browsing foto di instagram, dan melihat foto lama, misalnya, bisa langsung muncul adegan yang menceritakan kenapa foto itu bisa diambil, dengan siapa saat foto itu diambil, bagaimana situasinya, bagaimana perasaan saat itu, kenapa kita ada di sana, dan sebagainya.

indera menjadi jalur transportasi katalis (gambar, bau, suara) yang membantu menemukan kembali episode yang sudah lalu.

mungkin pernah juga kita mencium wangi seseorang dan kita jadi ingat betul segala hal tentang orang tersebut; apa yang membuat dia istimewa, apa yang membuat dia kecewa, apa yang bisa membuat dia bahagia, dan sebagainya

Standard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *